DIO NURDIN SETIAWAN

Berpacu menjadi yang terbaik

UAS PEMROGRAMAN KOMPUTER

diposting oleh dio-n-s-fst10 pada 29 June 2012
di Umum - 0 komentar

Kata- kata pamungkas :  "Atas Nama Pencipta Jagad Raya, saya (tuliskan nama sampean masing-masing) mengerjakan tugas ini dengan jujur "

SOAL

1. Buat analisa bagaimana cara melakukan pengamanan komputer agar terhindar dari virus.


2. Bagaimana cara membuat PC rakitan dengan OS windows 7 bisa digunakan sebagai sistem server untuk web server dan database server


3. Bandingkan sistem android,symbian, IOS dan windows mobile.

JAWAB:

  1. Menurut saya ada banyak cara untuk mengamankan computer kita dari serangan virus dan banyak juga aplikasi yang sudah tersediasebagai anti virus, semua itu tergantung bagaimana kita berkreasi agar computer kita tetap sehat terbebas dari virus. Kalau menurut ananalisa saya hal dilakukan ialah:
  • Yang sangat penting ialah, menginstall anti virus yang update, pastikan anti virus anda yang versi update terbaru dan dapat di update. Jika ada attachment email di emailmu yang terkirim dari orang yang tak dikenal, hati – hati untuk membukanya serta selalu lakukan scanning terhadap semua hal yang biasa auto-run seperti (hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD).
  • Disarankan untuk mengaktifkan firewall pada computer kita buat melindungi computer dari hacker jahat yang biasa mengirim virus
  • Selalu update dan kita harus selalu mengamankan wireless pada computer kita
  • Lebih aman lagi lakukan data recovery, sebagai tindakan antisipasi apabila data ada yang terkena virus.
  • Yang terakhir ialah jangan sembarangan menginstall aplikasi, terutama yang berasal dari internet.

2.   Setelah saya mencari dari berbagai sumber, untuk membuat suatu server rumahan  untuk internet ( system server dan web server) dengan windows 7, awalnya kita harus menginstal salah satu software ialah XAMPP, Apache, MySQL, Microsoft Access, Oracle, dan lain sebagainya.Untuk software Apache merupakan salah satu dari beberapa  software webserver yang terdiri atas HTTP server dan database server. Namun untuk aplikasi database server, bisa digunakan MySQL server dan Oracle. Untuk melakukan penginstalan Apache adalah dengan  mendownload Apache, setelah itu Apache diinstal lalu ketik "sudo apt-get install apache2". Kemudian buka browsernya (lewat firefox  atau chrome  dan lain sebagainya) lalu ketikan http://localhost/ di address bar untuk memanggil aplkasinya.

            Apabila ingin menjalankan apache/web server adalah sudo /etc/init.d/apache2 start . apabila ingin menghentikan apache/ web server sudo /etc/init.d/apache2 stop  restart  dan untuk menjalankan ulang apache /webserver adalah sudo /etc/init.d/apache2 restart. MySQL sendiri berhubungan dengan database, sehingga untuk menginstallnya sendiri  hanya perlu mengetikkan perintah “sudo apt-get install mysql-server “ ke terminal.

        Setelah aplikasi di atas semua terpasang, kita dapat melakukan pengmbangan aplikasi berbasis PHP dan Perl meski sedang tak konek internet. Dengan cara ini kita dapat membuat computer server sesuai dengan kebutuhan kita. Namun tetap harus memperhatikan RAM, prosesor serta hardisknya.

3.      Perbedaan  sistem android,symbian, IOS dan windows mobile ialah:

Android

            Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang ditujukan untuk ponsel atau tablet. Android OS sendiri ialah milik google Inc. Android OS menyediakan platform terbuka/open source bagi para pengguna untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri.

Symbian OS

            Symbian OS merupakan suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd dan dirancang untuk digunakan pada peralatan bergerak semisal ponsel dan PDA. Nokia menerapkan OS Symbian pertamanya yaitu versi S60 V1 edisi pertama. Namun kemudian berkembang pesat manjadi Symbian S60 v2, Symbian S60 v3, Symbian S60 v5 (pada ponsel touchscreen), dan Symbian ^3 (peluncuran awal pada Nokia N8). Symbian ^3 sekarang sudah mendapatkan pembaharuan yang pertama yaitu Symbian Anna. Symbian Anna digunakan pada ponsel Nokia X7-00 dan E6-00. Sedangkan yang terbaru adalah Symbian Belle yang terpasang pada ponsel baru Nokia yaitu Nokia 701 Lumia. Symbian merupakan os ponsel paling laris didunia, meskipun sekarang mulai banyak persaingan dari Android, Blackberry, dan Iphone.

            Iphone OS

            Biasa di bilang IOS adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat dari Apple. Awalnya IOS hanya digunakan untuk ponsel Iphone saja, namun seiring ketatnya persaingan kemudian IOS berkembang hingga mendukung perangkat Apple lain semisal iPod touch, iPad dan Apple TV. Untuk hal OS sendiri sama halnya dengan Blackberry, IOS tidak bisa diterapkan pada perangkat keras lain, berbeda dengan Android maupun Symbian OS yang bisa diterapkan pada perangkat yang kompatibel dengan OS sendiri. Sistem IOS diturunkan dari Mac OS X, sehingga ciri-cirinya sama dengan sistem operasi Unix. Pada suatu media di terangkan akhir tahun 2010, IOS berhasil merebut pangsa pasar ketiga sebesar 26%, masih dibawah Android milik Google. Sementara sang pemuncak dipegang oleh Symbian milik Nokia.

Windows Mobile

Windows Mobile ialah sistem operasi yang sengaja didesain semirip mungkin dengan versi dekstop, baik secara fitur maupun tampilannya oleh Microsoft Corp.. konsep dari os ini yang terbaru adalah Windows Phone 7 (pada tanggal 15 Februari 2010) Phone 7. OS ini pada fitur-fiturnya di kembangkan menggunakan Microsoft Windows API.

Refensi saya:

http://blogoenik.blogspot.com/2012/01/perbedaan-windows-mobile-symbian.html

http://rickiholigan.blogspot.com/2011/12/perbedaan-windows-mobile-symbian.html

http://www.anneahira.com/komputer-server-18033.htm

http://berbagitnt.wordpress.com/

http://it-newbie.blogspot.com/2011/12/8-tips-ampuh-mengamankan-komputer-dari.html

http://tipskomputerpc.blogspot.com/2012/02/cara-mencegah-terhindar-dari-virus.html

soal ini telah saya kerjakan, terima kasih, apabila ada yang kurang tepat, mohon maaf.. mohon kritik dan sarannya.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :