DIO NURDIN SETIAWAN

Berpacu menjadi yang terbaik

IP, HTML, DNS dan Souce Code

diposting oleh dio-n-s-fst10 pada 04 June 2012
di Umum - 0 komentar

 

     Ao prend, ketemu lagi neh ma ana, Yang pertama yuk kita sedikit bahas tentang IP address, IP merupakan singkatan dari kata ' Internet Protocol' prend. IP address ialah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan internet protocol untuk komunikasi antara node-nya. IP sendiri merupakan simpanan dari deretan angka biner, seperti 208.77.188.166 (untuk IPv4, menggunakan 32 bit untuk alamat), dan 2001: db8: 0:1234:0:567:1:1 (untuk IPv6, menggunakan 128 bit untuk alamat) agar kita mudah untuk menggunakan notasinya.

IP Address terdiri atas dua bagian yaitu network ID dan host ID. Network ID menunjukkan nomor network, sedangkan host ID mengidentifkasikan host dalam satu network. Pengalokasian IP address pada dasarnya ialah proses memilih network ID dan host ID yang tepat untuk suatu jaringan. Tepat atau tidaknya konfigurasi ini tergantung dari tujuan yang hendak dicapai, yaitu mengalokasikan IP address se-efisien mungkin.

 

Selain address yang dipergunakan untuk pengenal host, ada beberapa jenis address yang digunakan untuk keperluan khusus dan tidak boleh digunakan untuk pengenal host. Address tersebut adalah :

  • Network Address.
    Address ini digunakan untuk mengenali suatu network pada jaringan Internet. Address ini didapat dengan membuat seluruh bit host menjadi 0. Misalkan untuk host dengan IP Address kelas B 167.205.9.35. Tanpa memakai subnet, network address dari host ini adalah 167.205.0.0. Tujuannya adalah untuk menyederhanakan informasi routing pada Internet. Router cukup melihat network address (167.205) untuk menentukan kemana paket tersebut harus dikirimkan.
  • Broadcast Address.
    Address ini digunakan untuk mengirim/menerima informasi yang harus diketahui oleh seluruh host yang ada pada suatu network. Address broadcast diperoleh dengan membuat seluruh bit host pada IP Address menjadi 1. Jadi, untuk host dengan IP address 167.205.9.35 atau 167.205.240.2, broadcast addressnya adalah 167.205.255.255. Jenis informasi yang dibroadcast biasanya adalah informasi routing.
  • Loopback AddressAlamat dengan NetID 127 adalah alamat khusus yang digunakan sebagai loopback address. Alamat ini digunakan untuk menguji perangkat lunak pada komputer atau host.
Private Address
Privat Address adaah kelompok IP Addres yang dapat dipakai tanpa harus melakukan pendaftaran. IP Address ini hanya dapat digunakanuntuk jaringan local (LAN) dan tidak dikenal dan diabaikan oleh Internet. Alamat ini adalah unik bagi jaringan lokalnya tetapi tidak unik bagi jaringan global. Agar IP Private ini dapat terkoneksi ke internet, diperlukan peralatan Router dengan fasilitas Network Address Traslation (NAT).

Berikut adalah Alamat yang dicadangkan untuk jaringan private:
  • Private Address Kelas A : 
    IP Address dari 10.0.0.0 – 10.255.255.254, setara dengan sebuah jaringan dengan 24 bit host. Atau sekitar 16.777.214 host
  • Private Address Kelas B:
    172.16.0.0 – 172.31.255.255, setara dengan 16 jaringan yang masing-masing jaringan memiliki host  efektif sebanyak 65.534 host
  • Private Address Kelas C:192.168.0.0 – 192.168.255.254, setara dengan 256 jaringan yang masing-masing jaringan memiliki host  efektif sebanyak 254 host

      itulah sedikit tentang IP address, sekarang ana ingin masuk masuk ke HTML neh prend, HTML ialah singkatan dari HyperText Markup Language. HTML adalah dokumen text yang bisa dibaca untuk dipublikasikan di World Wide Web (WWW), dan semua nama file dokumen HTML mempunyai ekstensi html atau htm. Dalam sebuah dokumen HTML anda akan melihat tags. Tags adalah penempatan atau nilai format teks yang memerintahkan browser untuk menampilkan sebuah dokumen html.

     Setelah HTML yang singkat di atas, yuk kita beranjak ke DNS ya, DNS (Domain Name System / Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain. DNS menyediakan servis yang cukup penting untuk Internet, bilamana perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber universal (URL) dan alamat e-mail. DNS menghubungkan kebutuhan ini.

      DNS dipakai untuk memecahkan nama-nama host kedalam LAN. DNS mirip sekali dengan buku telepon, masing-masing komputer pada jaringan internet memiliki nama host atau IP. Sebelum implementasi DNS, nama komputer didefinisikan sebagai host yang memuat daftar nama dan alamat IP yang berkaitan. File host dikelola secara sentral dan masing-masing lokasi akan mendownload sebuah salinan baru secara berurut. Sehingga kedepannya perlu dikelompokan menjadi sebuah Database terdistribusi yang memungkinkan adanya spasi untuk nama berbentuk hirarkis, distribusi administrasi, type-type data yang diperluas, ukuran Database yang tak terbatas secara virtual dan unjuk kerja yang lebih baik. Jadi DNS adalah Layanan bagi alamat internet yang menerjemaahkan nama-nama domain yang sudah dikenali ke alamat IP numerik.

   Untuk source code, adalah kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi.

Source code merupakan sebuah program yang biasanya dibuat dalam satu atau lebih file teks, kadang-kadang disimpan dalam database yang disimpan sebagai prosedur dan dapat juga muncul sebagai potongan kode yang tercetak di buku atau media lainnya. Banyaknya koleksi file source code dapat diatur dalam direktori pohon, dalam hal ini mungkin juga dikenal sebagai source tree.

tampilan source code:

 

Referensiku prend:

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/IP_address

http://www.catatanteknisi.com/2010/11/mengenal-apa-itu-ip-address.html

http://faculty.petra.ac.id/ido/tutorial/html/sekilas_html.htm

http://www.omerwin.com/pengetahuan-tentang-nama-domain/apa-itu-dns-domain-name-system

http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Source_code

http://blog.ahmadrifai.net/2012/01/2-langkah-mudah-melihat-source-code.html

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :