DIO NURDIN SETIAWAN

Berpacu menjadi yang terbaik

SERVER, MOTHERBOARD, DAN SAFE MODE

diposting oleh dio-n-s-fst10 pada 28 May 2012
di Umum - 3 komentar

       Ao prend ketemu lagi sama aku, kali ini aku mau bahas tentang server serta safe mode pada komputer kita.

       Untuk Server sendiri ialah suatu sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu pada sebuah jaringan komputer. Server hampir selalu didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM (random access memory) yang besar, serta memiliki sistem operasi khusus, yang disebut sebagai  Sistem operasi jaringan. Penggunaan RAM sendiri untuk menampung data yang diproses kemudian instruksi program tersebut untuk memproses data, data yang telah diproses dan sedang menunggu untuk dikirim atau di tampilkan sebagai output, serta digunakan menampung instruksi sistem operasi pengontrol fungsi dasar dari komputer.

   Setiap komputer selalu memiliki motherboard, motherboard adalah papan utama dimana terdapat komponen-komponen yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.

Di bawah ini ialah gambaran umum tentang motherboard:

 

Bios (Basic Input Output System / dalam motherboard) merupakan sebuah program atau software antarmuka tingkat rendah yang berfungsi mengendalikan atau mengontrol perangkat keras yang terpasang pada komputer. Apabila bios ini rusak maka kemungkinan besar motherboard tidak dapat digunakan kembali.

        Register merupakan tempat penyimpanan terkecil didalam prosessor yang memiliki kecepatan yang cukup tinggi ( 5 sampai 10 kali lebih cepat dari main memory ) serta digunakan untuk menyimpan instruksi atau data yang sedang diproses CPU.

Register terbagi 2 :

- Instruction Register merupakan register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses.

- Program Counter

    Register juga digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari main memori yang berisi instruksi yang sedang diproses.

     Untuk Safe mode sendiri di sediakan di sistem operasi Windows, untuk berbagai tujuan. Misalnya untuk memeriksa atau memperbaiki kerusakan pada sistem windows, menghapus virus, memeriksa kerusakan driver dan lainnya. Safe mode ialah opsi pilihan start up windows yang fungsi utamanya menangani jika ada masalah dengan sistem.

Cara Masuk Ke Safe Mode Di Windows 7

Untuk dapat masuk ke safe mode di windows 7 dapat anda lakukan dengan mengikuti  beberapa cara seperti yang disebutkan pada langkah langkah berikut ini:

Cara pertama untuk masuk ke Safemode Windows 7

  1. Hidupkan komputer anda seperti biasa.
  2. Saat tampilan boot warna hitam mulai muncul, tekan tombol F8 di keyboard anda sebelum logo windows muncul.
  3. Gunakan tombol tombol kursor tanda panah di keyboard untuk memilih Safe mode di pilihan yang ditampilkan pada layar.
  4. Setalah kursor berhenti pada pilihan Safe Mode lalu tekan tombol Enter. Dan anda akan masuk ke Safe Mode di windows 7

Manfaat safe mode sendiri ialah

- berguna untuk Uninstall software yang sebelumnya menyebabkan komputer hang, error dan sebagainya. Kadang setelah di install program tertentu windows bermasalah, maka jika tidak bisa di uninstall melalui mode biasa gunakan Safe Mode.

-  Memeriksa permasalahan dengan tampilan grafik windows (VGA). Ketika tampilan windows bermasalah, bisa di cek dengan memilih “Enable VGA Mode”, jika berhasil dan tidak melihat masalah, kemungkinan masalah di driver VGA.

-   Membuka Registry Editor, baik untuk memeriksa maupun untuk mengedit sebagian isinya dan lain- lain.

Tampilan saat masuk safe modenya:

Untuk tampilan safe mode memang sangat sederhana, dengan resolusi gambar kecil dan file - file yang di load aja. Sekian prend" untuk sharing tentang hal ini. Terima kasih

Sumber ku:

http://ebsoft.web.id/safe-mode-manfaat-dan-penggunaannya/

http://gunadiemaha.wordpress.com/2010/05/21/sedikit-tentang-ram-dan-register-pada-komputer/

http://id.wikipedia.org/wiki/Server

 

 

 

3 Komentar

1. lita safitrin

pada : 28 May 2012

"mau tanya mas,,
kira2 kalo lagi di safe mode itu program apa saja yang bisa aktif yaa??
terima kasih.. ^^"


2. Dio Nurdin S

pada : 04 June 2012

"Saat safe mode itu, yang muncul biasanya seperti yang aku coba kemarin yaitu program - program yang kita pilih pada service dan start up pada configurasi system anda. biasanya ya OS pada PC anda "


3. lita safitrin

pada : 08 June 2012

"hmm..
gitu yaa..
makasih atas pemberitauannya.. :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :